4 Cara Mengatasi Trauma Psikologis dengan Perlahan

4 Cara Mengatasi Trauma Psikologis dengan Perlahan - Apakah sahabat sedang mencari cara mengatasi trauma psikologis? Beberapa orang mungkin tidak sadar jika mengalami kondisi itu. Trauma psikologis adalah kondisi di mana seseorang mempunyai peristiwa buruk dan tidak menyenangkan. Alhasil, orang yang mengalami hal tersebut akan merasa tidak aman dan tidak berdaya.

Saat seseorang mengalami kondisi trauma, mereka akan tersiksa dengan ingatan, emosi, dan kecemasan saat mengingat momen tidak menyenangkan. Hal ini tentunya bisa mengganggu kegiatan sehari-hari jika peristiwa itu sering kali diingatkan oleh si penderita. Parahnya, si penderita tidak akan mudah untuk percaya dengan orang lain.

Cara Mengatasi Trauma Psikologis dengan Perlahan
Foto oleh cottonbro dari Pexels


Cara Mengatasi Trauma Psikologis


Trauma psikologis pada seseorang tidak bisa disembuhkan jika dari penderitanya tidak ada kemauan untuk menyembuhkan. Memang susah untuk mengatasi trauma, apalagi jika itu karena kesalahan diri sendiri. Bagi sahabat yang mempunyai trauma, berikut beberapa cara untuk mengatasinya.


1. Berusaha Menerima Perasaan yang Muncul



Salah satu cara untuk mengatasi dan menyembuhkan trauma yang muncul adalah dengan berani menerima perasaan yang muncul. Saat kembali memikirkan peristiwa masa lalu yang menjadi penyebab traumatis, pastinya akan banyak emosi negatif yang dirasakan. Jika sahabat berusaha dan berani menerima emosi negatif itu, maka secara perlahan peristiwa itu tidak lagi memberikan rasa trauma.


2. Melakukan Olahraga



Ternyata, salah satu cara mudah untuk mengatasi trauma adalah dengan olahraga. Hal ini karena olahraga bisa memproduksi hormon endorfin sehingga mampu mengembalikan suasana hati agar lebih baik. Selain itu, olahraga bisa membantu memperbaiki sistem saraf sehingga bisa terbebas dari rasa trauma.


3. Tidak Menyalahkan Diri Sendiri



Salah satu penyebab kenapa rasa trauma menjadi berkepanjangan karena penderita selalu menyalahkan diri sendiri. Alhasil, perasaan yang dirasakan olehnya dianggap sebagai sesuatu yang memang sudah seharusnya diterima. Tidak jarang jika banyak yang menganggap itu seperti hukuman. Padahal, peristiwa yang terjadi hanya ingin memberikan pelajaran, bukan rasa trauma. Jadi, jangan menyalahkan diri sendiri atas sesuatu yang tidak bisa sahabat kendalikan, ya.


4. Mencari Bantuan Orang Lain



Terkadang, untuk menyembuhkan rasa traumatis pada seseorang dibutuhkan orang lain. Salah satunya adalah psikiater atau psikolog. Dengan bantuan orang lain, setidaknya sahabat bisa berbagi perasaan dengan orang lain.


Cara mengatasi trauma psikologis di atas bisa sahabat coba menerapkannya secara perlahan. Tidak perlu harus langsung, tapi dengan proses secara perlahan, trauma bisa hilang dengan sendirinya.


Sumber:
https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/mental/gangguan-kecemasan/trauma/%3famp=1
https://www.alodokter.com/segera-tanggulangi-trauma-sekarang-juga
https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/mental/stres/cara-menghilangkan-trauma/%3famp=1
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com Selain di sini, saya juga menulis di Rekam Jejak Sang Pemimpi, Ketika Jejakku Menginspirasimu, Berlayar & Menambatkan Impian, Meniti Jembatan Impian, Jejak Inspirasi Sylviany, Cakrawala Baca Sylvia

1 komentar untuk "4 Cara Mengatasi Trauma Psikologis dengan Perlahan"

  1. Seringkali trauma psikologis itu terjadi, dan masalah psikologi itu sensitif dan penting. Jadi harus dijaga, dan yang bisa mencegah maupun menyembuhkannya hanya diri kita sendiri. Terima kasih tipsnya!

    BalasHapus

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.